debioka

Kebutuhan Pagan Fungsional Darurat untuk Korban Bencana

In Artikel on 20/03/2010 at 07:55

Bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia diantaranya adalah tsunami, banjir, longsor, gempa bumi dan gunung meletus kerap terjadi. Dampak yang ditimbulkan tidak hanya kerusakan infrastruktur dan bangunan tetapi juga memberikan kondisi sulit bagi korban bencana alam dalam ketersediaan makanan. Selama ini bantuan makanan yang disalurkan biasanya berupa mie instan atau makanan sejenis lainnya. Penggunaan mie instan selain tidak sesuai dengan standar gizi rata-rata, mie isntan tersebut juga memerlukan piranti pendukung dalam mengolah makanan seperti air bersih dan energi.

Indonesia merupakan negara maritim mempunyai potensi hasil budidaya laut yang sangat menjajikan, diantara hasil dari budidaya laut adalah rumput laut dan udang. Potensi rumput laut Indonesia tiap tahunnya mencapai 17,7 juta ton rumput laut kering dengan lahan mencapai 1,2 juta ha, tetapi sampai saat ini baru 300.000 ton rumput laut yang dapat dihasilkan. Selain rumput laut, Indonesia mempunyai potensi budidaya udang yang berkembang dengan pesat sehingga udang dijadikan komoditas ekspor non migas yang dapat diandalkan, tetapi limbah yang dihasilkan berupa kulit udang belum dimanfaatkan sevara maksimal.

Artikel ini akan menganalisi potensi pemanfaatan sumber daya lokal yaitu hasil budidaya laut meliputi rumput laut dan limbah kulit udang untuk inovasi pangan darurat. Diketahui bahwa rumput laut dan limbah kulit udang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pangan darurat bergizi tinggi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pangan darurat yang selama ini digunakan yaitu mie instan tidak memenuhi standar gizi pangan kebutuhan rata-rata, sedangkan inovasi pangan darurat dari rumput laut dan limbah kulit udang mempunya nilai gizi yang sesuai dengan standar gizi rata-rata. Keunggulan lain inovasi pangan darurat yaitu kandungan Chitooligosaccharides sebagai prebiotik dan beryodium.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: