debioka

Megabiodiversitas Indonesia sebagai Target Unggulan

In Artikel on 02/02/2010 at 07:11

Era bioteknologi sedang berkembang dengan pesat. Salah satu target adalah bioteknologi mikrobio, kultur jaringan tanaman dan bioproses. Di Indonesia sendiri, sudah ada pusat penelitian bioteknologi yaitu UPT Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang bertempat di Cibinong Bogor. Kebetulan si cimie ada kesempatan magang untuk neliti enzim selulase dan xilanase asal actinomycetes BTCC 2006 hasil explorasi biodiversity di Indonesia.

Perkembangan bioteknologi di Indonesia memfokuskan pada eksplorasi plasma nutfa asal Indonesia untuk anti biotic, enzim unggul untuk pertanian dan industry. Limbah pertanian di Indonesia seperti jerami padi, tongkol jagung sangat melimpah dan belum dimanfaatkan secara optimal. Sebagian besar limbah pertanian hanya dibakar saja, tetapi aktivits ini malah menyumbangkan cukup besar CO2 yang dapat memberikan dampak polusi udara disekitarnya.

Sementara kandungan hemiselulosa dan selulosa limbah pertanian cukup tinggi. Hemiselulosa mempunyai beberapa komposisi karbohidrat sehingga diperlukan suatu alat yang mampu memutus ikatan dalam hemiselulosa menjadi monomer-monomernya. Diantaranya beberapa enzim yang digunaan menghidrolisis hasil limbah pertanian untuk pemanfaatan limbah pertanian yaitu enzim selulase, enzim xilanase, enzim mananase, enzim amylase, enzim inulinase dan beberapa enzim hidrolitik lainnya.

Eksplorasi sumber daya alam dengan biodiversitas mikroba penghasil enzim-enzim unggul untuk pemanfaatan limbah pertanian. Apabila meninjau geografis alam Indonesia, Indonesia termasuk menjadi potensi biodiversitas mikroorganisme penghasil enzim unggul. Jika ingin mendapatkan enzim termofilik dapat diisolasi dari kawah gunung di Indonesia, sumber air panas dan berbagai enzim lokal dari buah, bunga dan lingkungan di Indonesia.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: