debioka

Prebiotik MOS dari Limbah Perkebunan Kelapa Sawit sebagai Target Bioindustri Baru

In Tak Berkategori on 02/01/2010 at 07:06

Era bioteknologi sangat membantu peningkatan kesejahteraan dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu pengetahuan. Bioteknologi berperan secara konkrit memberikan kontribusi yang besar. Semisal tentang pemanfaatan bioteknologi untuk kesehatan cerna manusia dan ternak. Akhir-akhir ini marak dibicarakan tentang prebiotik dan probiotik. Di Indonesia sendiri sudah berkembang beberapa industry yang memproduksi probiotik yaitu Activia dan Yogurt dan Susu formula yang mengandung FOS dan GOS.
Prebiotik dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan secara rinci. Ada beberapa jenis prebiotik yang telah diketahui aktivitasnya yaitu FOS, GOS, XOS dan Inulin. Peneliti Biotek LIPI telah melakukan penelitian tentang pemanfaatan limbah bungkil kelapa sawit untuk memproduksi Mannanoligosakarida (MOS).
MOS menjadi suatu potensi baru kandidat prebiotik unggul yang dapat diproduksi dari limbah perkebunan kelapa sawit yang sangat berlimpah. MOS dapat diproduksi dengan memanfaatkan bakteri isolate lokal yaitu jenis Manolitik yang mampu menghasilkan enzim mananase. Enzim mananase ini yang akan digunakan untuk menghidrolisis manan yang diperoleh dari imbah bungkil kelapa sawit.
Kita ketahui bersama bahwa Indonesia mempunyai potensi sangat luar biasa apabila kita melihat perkebunan kelapa sawit yang tersebar di indonesi terutama di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Potensi belum ditangkap oleh industry untuk memanfaatkan agrobisnis di Indonesia. Sebenarnya bukan hanya kelapa sawit, banyak sekali limbah-limbah pertanian yang belum dipergunakan secara maksimal. Padahal apabila diberi sentuhan sedikit teknologi, limbah-limbah tersebut dapat lebih bernilai dan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: