debioka

BIOCHEMISTRY ARTICLE COMPETITION 2009

In event on 16/08/2009 at 14:39

PENDAHULUAN

Ilmu biokimia saat ini sedang mengalami perkembangan khususnya di negara Indonesia. Peranan Ilmu biokimia bagi  kehidupan manusia penting dan hampir mencakup berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang pangan misalnya, sudah  banyak produk pangan yang menggunakan enzim untuk mengkatalisis proses pembuatan produk tersebut. Dalam bidang kesehatan, gangguan yang terjadi dalam tubuh dapat dikaitkan dengan aktivitas hormon dan proses metabolisme zat gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak. Contoh lain, berkembangnya metode rekayasa genetik dan kultur jaringan yang  dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan dan masih banyak hal lainnya mengenai ilmu biokimia. Pengembangan aplikasi ilmu biokimia di Indonesia dapat dipastikan semakin lama akan menambah kemajuan teknologi sehingga negara ini dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan ilmu biokimia.

Aplikasi ilmu  biokimia ini memberikan alasan yang mendorong kami untuk mengadakan Lomba artikel biokimia (BAC) untuk siswa SMA dan Sederajat Se-Jawa Timur. Lomba ini diharapkan dapat membuat siswa mampu meningkatkan sifat berpikir kritis dibidang biokimia. Serta menambah pengetahuan siswa dibidang biokimia. Harapan kami, lomba artikel ini dapat menjadi awal dari langkah kita untuk terus mengembangkan ilmu biokimia sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan masyarakat. Lomba artikel ini bekerja sama dengan Himpunan mahasiswa Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember. Lomba artikel ini (BAC) ini merupakan salah satu program kerja dari departemen Biokimia IKAHIMKI.

KETENTUAN LOMBA

v KETENTUAN PESERTA

  1. Lomba menulis artikel ini diikuti perorangan siswa SMA dan yang sederajat se – Jawa Timur.
  2. Setiap sekolah minimal mengirimkan 5 peserta dengan 1 guru pembimbing dan setiap peserta hanya boleh mengirimkan 1 (satu) artikel.
  3. Setiap peserta dikenai biaya pendaftaran sebesar Rp. 10,000.00
  4. Pembayaran dapat melalui transfer ke Rekening atas nama : Syarifatul Lailah dengan nomor rekening Bank BNI Cab. Jember 011-237989

v KETENTUAN PELAKSANAAN

  1. Artikel dikirimkan melalui e-mail dengan alamat sebagai berikut:

–         BAC_Bmail@yahoo.com

–         BAC_Mmail@yahoo.com

–         BAC_Smail@yahoo.com

Batas paling lambat pengiriman Artikel melalui E-mail adalah 14 September 2009.

  1. Artikel yang diterima oleh Panitia Lomba setelah tanggal tersebut di atas, akan dianggap GUGUR, dan tidak berhak diikutkan pada lomba.
  2. Sistem penilaian dibagi menjadi 2 tahap :
  3. a. Tahap Pertama        : Penilaian Artikel
  4. b. Tahap Kedua   : Presentasi
  5. Pengumuman bagi peserta yang lolos tahap pertama akan dilakukan pada tanggal 11 Oktober 2009  melalui jaringan email atau telekomunikasi.
  6. 10 Peserta yang lolos seleksi akan diundang untuk presentasi atau menyajikan tulisannya pada tanggal 24 Oktober 2009.


v KETENTUAN PENULISAN

  1. Terdapat tiga topik utama dengan subtopik yang dapat dipilih oleh peserta. Topik dan subtopik BAC 2009 adalah sebagai berikut:
  • Energi                   : bioetanol, biogas, biohidrogen, biomass.
    • Pangan       : prebiotik, produk fermentasi, produk enzim, food aditif
    • Kesehatan   : antibiotik, aplikasi cloning, rekayasa protein, penyakit gangguan metabolisme
  1. Judul artikel bebas, sesuai tema kegiatan dengan salah satu dari topik-topik yang ditentukan di atas.
  2. Artikel  belum pernah diterbitkan / dipublikasikan sebelumnya (artikel yang  pernah diterbitkan di suatu jurnal dan artikel yang pernah memenangkan suatu lomba penulisan ilmiah tidak berhak lagi diajukan sebagai artikel dalam lomba ini).
  3. Artikel diketik spasi 1,5 pada kertas berukuran A4 dengan font 12 Times New Roman, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas, dan 3 cm dari batas bawah.
  4. Naskah ditulis minimal terdiri dari 1500 kata dan maksimal 2000 kata. Diperbolehkan menyertakan gambar ataupun table. Jika tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
  5. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan (EYD), sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti “tdk”, “tsb”, “yg”, “dgn”, “sbb”, “dll”.
  6. Penulisan artikel hendaknya disertai dengan catatan kaki (pustaka).
  7. Setiap pengiriman naskah artikel, dilengkapi dengan data diri penulis yang memadai, terdiri dari: Nama Peserta, Tempat dan Tanggal Lahir, Kelas, Nama dan Alamat Sekolah, No Telp Sekolah, No Telp/HP Peserta, Alamat E-mail Sekolah dan Peserta.

v PENILAIAN

  1. Penilaian artikel akan dilakukan oleh Dewan Juri sebanyak tiga orang
  2. Penilaian BAC 2008 bersumber pada dua hal yakni karya ilmiah (proporsi 40%) dan presentasi (proporsi 60%).
  3. Pokok penilaian karya ilmiah meliputi kesesuaian tulisan dengan tema, kreativitas, kedalaman analisis, kegunaan, dan penulisan.
  4. Pokok penilaian presentasi meliputi penyajian dan tanya jawab. Presentasi dilakukan selama 20 menit terdiri dari 10 menit penyajian dan 10 menit tanya jawab.

v HADIAH PESERTA

  1. JUARA I      : Trophy  +  piagam penghargaan + Tabanas sebesar Rp.750.000,00
  2. JUARA II     : Trophy  +  piagam penghargaan + Tabanas sebesar Rp.600.000,00
  3. JUARA III    : Trophy  +  piagam penghargaan + Tabanas sebesar Rp.400.000,00

v FASILITAS

Peserta 10 besar mendapatkan fasilitas berupa Penginapan, Sertifikat, Stiker, Konsumsi ( Snack dan softdrink )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: